Trik Menghafal Dengan Cepat [yang Masih Sekolah Wajib Baca]



Duh.. Gimana sih cara menghafal pelajaransupaya cepet ngerti? Saya sudah berkali-kali membaca dan mencoba mengerti tapikok gak hafal-hafal ya?

Mungkin diantara kalian pernah mengalami haldiatas. Tau tidak? Cara kerja memori otak kita adalah dengan cara menyimpantiap-tiap memori ditempat masing-masing yang satu dengan lainnya salingdihubungkan. Jadi jika ketika kita membaca atau mencoba memahami sesuatu, otakkita sebenarnya sudah menyimpannya hanya saja tinggal bagaimana mencari danmengolahnya.

Roger Wolcott Sperry adalah seorangneuropsikolog yang menemukan bahwa akal manusia terdiri atas 2 bagian. Iamenemukan bahwa otak terbagi menjadi 2 bagian sisi yaitu sisi kiri dan sisikanan.

Trik Menghafal Dengan Cepat [yang Masih Sekolah Wajib Baca] [ www.BlogApaAja.com ]

Otak sisi kiri lebih cenderung memilikikemampuan analisis, logis, urutan, objektif dan rasional. Dengan kata lain,otak kiri lebih dominan berhubungan dengan angka, kata-kata dan simbol.

Otak sisi kanan lebih cenderung memilikikemampunya intuitif, subjektif, holistik (secara menyeluruh) dan sintesis.Dengan kata lain otak kanan inilah yang membantu seseorang cenderung lebihkreatif ketimbang orang yang dominan memiliki kemampuan otak kiri.

Berdasarkan sifat, otak kiri cenderungbersifat short term memory (ingatan jangka pendek) dan otak kanan bersifat longterm memory (ingatan jangka panjang)

Teknik Menghapal Cepat :

1. Memory Sport

Otak manusia sama seperti otot. Apabila tidakberolahraga, maka otot akan semakin lemah. Tapi jika semakin giatdiolahragakan, maka otot akan semakin kuat. Begitu juga halnya dengan otak.Otak akan semakin lemah bila tidak "diolahragakan" dan akan semakin kuat bila"diolahragakan". Maka untuk itu kita perlu "mengolahragakan" otak kita.

Salah satu cara untuk mengolahragakan otakkita adalah dengan cara memory sport. Salah satu cara yang paling gampangadalah sering-seringlah mengisi teka teki. Secara tidak langsung otak anda akanberlatih mengingat dan mengolah kata-kata

2. Relation Sistem

Merupakan salah satu teknik untuk mengingatinformasi dengan cara menghubungkan informasi yang satu dengan lainnya secaraaksi. Relation sistem ini seringkali dipakai untuk menghapal suatu kalimat yangberpasangan seperti vocabulary, nama negara dan ibu kotanya, nama sungai danprovinsinya, dan lainnya.

Contoh:

Kucing menabrak ember

Doni makan rujak

Menabrak dan makan adalah relation sistemaksi. Aksi tersebut adalah sebagai kalimat utama pemicu untuk menarik danmemperjelas informasi yang ada didepannya sehingga informasi yang adadidepannya tidak lupa.

3. Story Sistem

Adalah teknik untuk dapat mengingat sebuahinformasi dengan cara menghubungkan informasi yang satu dengan lainnya menjadisebuah cerita

Contoh:

Terdapat beberapa kata yaitu burung - baju -awan - coca cola - gunung - kelinci - pistol - buaya - pohon - kawah

Cara menghafal dengan story sistem ini adalahdengan membayangkannya :

Burung memakai baju, terbang ke awan minumcoca cola, terbang lagi ke gunung dan bertemu kelinci yang membawa pistol untukmenembak buaya yang tidur dibawah pohon di dekat kawah.

4. Mnemonic

Adalah cara menghapal yang bersifat abstrak.Yaitu dengan cara mengubah kata abstrak menjadi benda nyata yang bisadibayangkan.

Mnemonic dibagi menjadi 2 tipe sistem, yaitu:

1. Sistem gambaran.

Teknik menghapal informasi yang abstrak dengancara menggambarkan kata abstrak tersebut menjadi sesuatu yang nyata.

Contoh:

Gembira dapat digantikan dengan menggambarkanorang yang sedang bergembira.

Yogyakarta dapat digambarkan dengan Borobudur.

Jakarta dapat mudah diingat dengan digambarkanmenjadi monas.

2. Sistem persamaan bunyi.

Teknik menghapal informasi berdasarkan bentukpersamaan bunyinya.

Contoh :

Singapura dapat lebih mudah diingat denganmengingat kata singa

Irak dapat lebih mudah diingat dengan kata rak


Follow On Twitter