Menara Big Ben Ganti Nama



Menara Big Ben Ganti Nama [ www.BlogApaAja.com ]
Big Ben, London (Foto: Corbis).



LONDON- Big Ben, atau menara jam besar yang menjadi ikon Kota London, Inggris, kini tinggal sejarah. Bukan jam itu ditiadakan, melainkan namanya akan diganti, tidak lagi Big Ben.

Big Ben adalah salah satu ikon ternama di dunia, sejajar dengan Menara Eiffel di Paris dan Patung Liberty di Amerika Serikat. Namun kini, menara jam itu tidak lagi disebut Big Ben, melainkan berganti nama menjadi Elizabeth Tower.

Penggantian nama dilakukan untuk memeringati Diamond Jubilee Ratu Elizabeth II. Peresmian penggantian nama baru saja dilakukan awal pekan ini.

Ikon Kota London ini merupakan bagian dari Gegung Parlemen Inggris, yang aslinya bernama Clock Tower namun lebih dikenal dengan nama Big Ben. Dinamakan Big Ben karena memiliki bel besar di menaranya. Penggantian namanya menjadi Elizabeth Tower diresmikan oleh Perdana Menteri Inggris, David Cameron.

"Penggantian nama Clock Tower menjadi Elizabeth Tower merupakan penghormatan kepada Sang Ratu, juga kepada seluruh anggota Kerajaan Inggris," katanya, seperti dikutip dariSMH,Rabu (27/6/2012).

Penggantian nama ini merupakan rekomendasi anggota Partai Konservatif, Tobias Ellwood, dan diterima oleh anggota parlemen lain. Meski begitu, sebagian besar warga Inggris

ternyata

tidak menyetujui penggantian nama Big Ben. Sebuah jajak pendapat yang digagas YouGov menemukan bahwa setengah dari warga Inggris menolaknya, dan hanya 30 persen yang setuju.

Big Ben adalah menara jam bergaya Neo-gothic setinggi 96 meter yang selesai dibangun pada 1859.

Jam ini berada di tepi Sungai Thames, yang membelah Kota London.

Follow On Twitter