Hasil Survei: Israel Lebih Buruk Sedunia Dibandingkan Korea Utara



Hasil Survei: Israel Lebih Buruk Sedunia Dibandingkan Korea Utara [ www.BlogApaAja.com ]

Keberadaan Israel dalam dunia internasional sepertinya semakin tidak disukai. Hal tersebut terbukti dari sebuah jajak pendapat yang digelar oleh BBC dengan GlobeScan Poll Institute. Setidaknya 50% dari responden mengatakan bahwa negara zionis tersebut memiliki citra yang sangat
buruk sehingga membuatnya duduk di posisi ketiga sebagai negara dengan citra terburuk di dunia.

Jajak pendapat itu dilakukan selama 3 bulan lebih dan menjaring sekitar 24 ribu responden dari 22 negara di dunia.

Israel berada di posisi ketiga di bawah Iran dan Pakistan sebagai negara yang dianggap memiliki citra negatif.

Hal yang paling menarik dari poling kali ini adalah meningkatnya persepsi negatif terhadap negara yang sedang bersengketa dengan Palestina tersebut. Setidaknya prosentasenya meningkat 3% dibandingkan sebelumnya. Dan sentimen negatif ternyata tidak hanya datang dari dunia Arab, melainkan dunia Eropa, Afrika dan Amerika Selatan.

Di Spanyol 74% responden mengaku kesal dengan sepak terjang Israel, diikuti oleh Jerman (69%), Inggris (68%) dan Prancis (65%).

Di benua Amerika, Brazil menjadi satu-satunya negara yang 58% warganya menganggap Israel memiliki citra buruk di mata mereka.

Sementara itu hanya Amerika Serikat dan Nigeria yang merasa tidak terganggu dengan tindakan negara Yahudi itu. Bahkan 50% dari responden AS melihat Israel sebagai sahabat.

Hasil poling ini menunjukkan bahwa Israel lebih buruk dibandingkan dengan Korea Utara yang berada di posisi keempat.

Saat ditanyakan mengenai alasan Israel dipandang memiliki citra yang buruk, 45% mengaku muak dengan kebijakan yang dilakukan oleh pemerintahan Benjamin Netanyahu, sementara 27% lainnya mengaku karena buruknya hubungan antara pemerintah dengan masyarakat.

Iran sendiri berada di peringkat pertama. Menurut laporan Middle East Monitor, 55% responden dari seluruh dunia merasa negara tersebut memiliki citra yang paling buruk saat ini. Hal itu tidak lepas dari maraknya pemberitaan negatif mengenai program nuklir yang membuat persepsi masyarakat dunia menjadi buruk. []

Follow On Twitter