Virus Virus Yang Merugikan Manusia



Virus Virus Yang Merugikan Manusia [ www.BlogApaAja.com ]

Macam Macam virus pada Manusia -Nama Nama Virus yang merugikan Manusia

Jika dibandingkan dengan macam macam virus pada tanaman dan hewan, virus yang menyerang manusia jumlahnya jauh lebih banyak. Beberapa macam virus yang biasa menyerang manusia, di antaranya Virus Hepatitis, Virus Polio, Virus Variola dan Varicella, Virus Influenza, Virus Dengue, dan virus HIV.

A. Virus Hepatitis

Virus hepatitis merupakan jenis virus yang mampu menginfeksi hati manusia. Virus yang sangat mematikan ini terdiri atas beberapa macam, yakni hepatitis A, B, C, dan hepatitis E. Virus ini menyebar melalui kotoran atau tinja yang memiliki kemungkinan masuk melalui mulut bersamaan dengan makanan yang dimakannya.

B. Virus Polio

Virus polio merupakan jenis virus yang termasuk ke dalam famili Picornaviridae yang tak lain adalah penyebab penyakit poliomeilitis. Virus ini menyebar melalui makanan atau pasokan air yang terkontaminasi langsung oleh virus ini. Virus yang kebal terhadap keadaan asam ini selalu menyerang bagian usus sehingga menyebabkan kerusakan jaringan dan mendatangkan penyakit diare pada yang mengidapnya.

C. Virus Variela dan Varicella

Virus penyebab cacar api dan cacar air pada manusia ini termasuk jenis virus yang tergolong unik. Virus ini hanya mampu menjangkit penderitanya tak lebih dari dua kali. Virus ini biasa menyerang saluran pembuluh darah kecil pada lapisan kulit, mulut, dan kerongkongan. Efek yang ditimbulkan oleh virus ini adalah munculnya ruam yang kemudian mengakibatkan luka yang berisi cairan.

D. Virus HIV

Dari sekian banyaknya macam-macam virus, HIV merupakan jenis virus yang paling mematikan di dunia. sampai saat ini belum ditemukan obat yang tepat untuk mengobat penyakit AIDS yang disebabkan oleh virus ini. Virus HIV menyerang system kekebalan tubuh penderitanya.

Virus ini dapat ditularkan melalui beberapa cara, di antaranya melalui injeksi langsung ke saluran darah dan kontak langsung antara jaringan yang terluka (membrane mukosa) dengan cairan tubuh tertentu, seperti air liur, darah, sekresi vagina, maupun ASI penderita HIV. Biasanya, para pelaku seks bebas dan pecandu narkotika sangat rentan sekali terjangkiti virus tersebut.

Nah, itulah penjabaran mengenai macam-macam virus yang merugikan bagi manusia. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah tubuh terinfeksi oleh virus, salah satu yang sampai saat ini dinilai paling berhasil adalah dengan melakukan vaksinasi.

Follow On Twitter