Penjelasan Arti Pensil B, 2b, 4b, Dll



Penjelasan Arti Pensil B, 2b, 4b, Dll [ www.BlogApaAja.com ]

Pernah menggunakan pensil 2B? pasti pernah. Pensil ini sering digunakanuntuk menghadapai ujuan. Namun tahukah arti dibalik huruf B yang tertera dipensil tersebut. Berikut penjelasannya.

Makin besar angka di depan huruf B, makin tinggi tingkat kehitamanpensilnya, tapi sedikit sekali yang tau kepanjangan huruf-huruf itu. Beberapamungkin tau kalau kode itu merupakan tanda tingkat kehitaman pensil.

Unsur utama pensil adalah percampuran grafit dan tanah liat dimanadengan ragam rasio antara keduanya akan menghasilkan hasil yang berbeda.Apabila tanah liat dikurangi maka grafit akan mendominasi volume yang adasehingga hasilnya akan semakin hitam, begitupun apabila tanah liatnya terlalubanyak maka hasilnya akan memudar (tidak terlalu hitam) akan tetapi batangnya lebihkeras.

Bila terlalu banyak grafit maka batang pensil akan sangat lembut tetapijuga lebih cepat aus. Sedangkan bila menggunakan pensil yang terlalu sedikitgrafit maka untuk menghitamkannya perlu beberapa kali goresan yang tentu jugaakan mengauskan kertas.

Jadi penggunaan pensil (khususnya saat menggambar) sebaiknya bukanmelulu dengan bermain pada jumlah goresan melainkan dengan menggunakankomposisi pensil yang sesuai.

Komposisi tersebut bisa kita ketahui karena pasti tercetak / tertulisjelas pada batang pensil. Unsurnya adalah 3 huruf yaitu H, F dan B.

  • H

    berarti Hardness (yaitu tingkat kekerasan,skalanya antara H, 1H sampai 9H, semakin tinggi angkanya berarti semakinkeras).

  • F

    berarti Fine (yang diperuntukan utk menulisdan tanpa skala).

  • B

    berarti Blackness (tingkat kehitaman darimulai B, 1B, 9B bahkan 9xxB).



Misalkan:

  • HB berarti lebih keras dan lebih hitam dari F

  • 2B lebih hitam dan tidak keras.

  • HHBBB berarti lebih keras 2 kali lipat dan sangat amat hitam.Dapatkah kita membayangkan seberapa hitam pensil 9B itu?



Adapun pengkodean tersebut adalah mengikuti cara Inggris yang de factolebih dianut sebagai kode internasional sedangkan Amerika membuat pengkodeansendiri yang terbatas pada penggunaan yang paling umum yaitu #1 (B), #2 (HB),#2=C2=BD (F), #3 (H) dan #4 (2H).

Ada satu hal yang menarik dalam pengkodean pensil tersebut bahwaternyata sebenarnya "tidak ada standar internasional penentuan kadar grafit dantanah liat bagi setiap produsen pensil" jadi kehitaman pensil 2B pada pensilmerk "Anu" bisa berbeda dengan 2B pada pensil merk "Itu".

Nah, jadi sebenarnya yang tercantum dalam Facebook Marketing tentangpensil 2b terbaik itu ada benarnya juga :D


Follow On Twitter