Memahami Budaya Dan Resiko Tindikan Di Bagian Tubuh



Memahami Budaya Dan Resiko Tindikan Di Bagian Tubuh [ www.BlogApaAja.com ]

Tak hanya di telinga, menindik badan sudahmenjadi hal yang umum saat ini. Meskipun menindik badan relatif aman, tindakanini sebenarnya dapat menyebabkan komplikasi kesehatan. Berikut efek tindikan dibeberapa bagian tubuh yang sering muncul Komplikasi bervariasi tergantung padabagian badan yang ditindik, bahan yang digunakan, pengalaman praktisi yangmenindik, kebersihan alat dan perawatan setelah ditindik.

Dalam salah satu penelitian mengenai tindikbadan, para peneliti dari Northwestern University menemukan bahwa sekitar 20persen dari tindikan menyebabkan infeksi.

Infeksi merupakan komplikasi yang paling umum,diikuti oleh alergi, perdarahan, jaringan parut dan gangguan saat menjalaniprosedur medis, seperti ronsen dan USG.

"Karena tindikan semakin populer, parapetugas perawatan kesehatan harus makin akrab dengan cara melepas perhiasandalam situasi darurat, serta memahami komplikasi dan risiko kesehatannya,"kata peneliti, Jaimee Holbrook, MD, pakar dermatologi di NorthwesternUniversity seperti dilansir Los Angeles Times.

Beberapa gangguan yang dialami berdasarkantempat tindikan adalah:



Tindikan di bagian mulut atau lidah

dapat menyebabkankesulitan berbicara dan makan, pengeluaran air liur yang berlebihan dangangguan pada gigi. Tindikan di mulut dan hidung dapat tersedot bahkan masuk kedalam badan sehingga membutuhkan operasi untuk mengambil tindikan.

Tindikan di puting

dapat merobek kulit. Gangguan galaktorea atauair susu yang mengalir tiba-tiba dari payudara juga dapat disebabkan olehmenindik puting. Wanita yang sedang hamil atau menyusui dan memiliki tindikatau ingin ditindik sebaiknya menyadari komplikasi langka yang dapatmempengaruhi dirinya sendiri atau anaknya.

Tindik pusar

, menindik bagian tubuh ini sangatmemungkinkan terjadinya infeksi karena iritasi dari pakaian ketat yangdigunakan. Hal ini karena kulit pusar merupakan bagian yang sangat sensitif.

Tindikan di kelamin

dapat menyebabkan kemandulan karena infeksi,mengahalangi jalannya air seni, hingga menyebabkan jaringan parut. Pada pria,priapism atau rasa sakit ketika ereksi bisa terjadi akibat tindikan di kelamin.

Tindik alis

, menindik bagian tubuh ini sangat berisikojika tidak dilakukan ditempat yang tepat. Tindik harus dilakukan pada sudut 40derajat dari sudut luar mata. Jika tempatnya tidak tepat maka berisikomengalami kerusakan saraf, karena daerah tersebut mengandung 3 saraf supraorbital besar.

Tindik telinga bagian atas

, menindik bagian telingatersebut lebih berbahaya karena terdapat tulang rawan disepanjang tepi telinga.Jika terjadi infeksi di bagian tulang rawan tersebut akan lebih sulit untukdiobati dan bisa memicu kecacatan pada telinga.

Banyak penelitian yang menyimpulkan bahwatindik badan bisa dijadikan sebagai penanda perilaku yang berbahaya, gejalagangguan psikologis dan ciri kepribadian anti sosial.

Untuk menghindari komplikasi, pencegahanadalah kuncinya. Orang yang ingin badannya ditindik sebaiknya mempertimbangkanriwayat medisnya dengan lengkap untuk mengetahui kondisi yang dapat menyebabkankomplikasi. Selain itu, memilih penindik badan yang memenuhi syarat juga perluuntuk meminimalkan risiko.

Dr Holbrook menyarankan bagi orang yang mauditindik untuk mempertimbangkan sembilan hal sebagai berikut.

  • Infeksi: Apakah pernah memiliki infeksisebelumnya?

  • Masalah kesehatan: Apakah pernah mengalamiasma, gatal-gatal atau reaksi alergi yang parah?

  • Gaya hidup: Apakah sering mencopot tindikketika bekerja atau olahraga?

  • Masalah penyembuhan: Apakah memilikikecenderungan mengalami perbesaran organ atau luka yang tumbuh menjadi kulitbaru?

  • Anatomi: Apakah bagian tubuh yang inginditindik sudah tepat?

  • Profesional: Apakah penindik telah cukupterlatih?

  • Riwayat kesehatan: Apakah penindik memeriksariwayat medis dengan lengkap, termasuk riwayat alergi, penyakit sistemik,terutama penyakit jantung, diabetes mellitus atau kondisi lain yang rentanterhadap infeksi?

  • Bahan yang tepat: Apakah penindik menggunakanbahan yang sesuai, seperti perhiasan bebas nikel, untuk meminimalkan risikoalergi dan infeksi?

  • Petunjuk perawatan: Apakah mendapat petunjuk perawatansetelah ditindik? Untuk tindikan di lidah, jangan minum aspirin selama tujuhhari dan obat anti radang non-steroid setidaknya satu hari sebelum prosedurmenindik dan tujuh hari setelah tindikan. Aspirin dan obat anti radang nonsteroid dapat meningkatkan perdarahan.


Follow On Twitter