Makna Bacaan Sholat





Banyak dari kita melaksanakan sholat hanya sekedar melaksanakan kewajiban, dengan gerakan dan bacaan sholat yang tidak sedikit terburu-buru. Andai kita tahu, bahwa sholat merupakan serangkaian ibadah yang tidak hanya gerakan saja, tapi bacaan setiap gerakannya adalah serangkaian doa yang kita tujukan pada pencipta kita ALLAH SWT, yang tentunya mesti kita baca dengan benar dan khusyu. Berikut merupakan makna bacaan sholat:

Doa Iftitah

Allah Maha Besar dan segala puji bagi Allah dengan banyaknya.
Maha suci Allah sepanjang pagi dan petang.
Aku hadapkan wajahku bagi Tuhan yang mencipta langit dan bumi, dengan suasana lurus dan berserah diri dan aku bukan dari golongan orang musyrik.
Sesungguhnya solatku, ibadatku, hidupku dan matiku adalah untuk Allah Tuhan sekalian alam.
Tidak ada sekutu bagiNya dan kepadaku diperintahkan untuk tidak menyekutukan bagiNya dan aku dari golongan orang Islam.

Al-Fatihah

Dengan nama Allah yang Maha Pemurah lagi Maha Pengasih.
Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam.
Yang Maha Pemurah lagi Maha Pengasih.
Yang menguasai hari pembalasan.
Hanya Engkau yang kami sembah dan hanya Engkau kami mohon pertolongan.
Tunjukilah kami jalan yang lurus.
Yaitu jalan orang-orang yang engkau karuniakan nikmat kepada mereka, bukan jalan mereka yang Engkau murkai dan bukan jalan mereka yang sesat.

Bacaan ketika rukuk

Maha suci Tuhanku yang maha mulia dan dengan segala puji-pujiannya.

Bacaan ketika bangun dari rukuk

Allah mendengar pujian orang yang memujinya.

Bacaan ketika iktidal

Wahai Tuhan kami, bagi Engkaulah segala pujian.


Bacaan ketika sujud


Maha suci Tuhanku yang Maha Tinggi dan segala puji-pujiannya.

Bacaan ketika duduk di antara dua sujud

Ya Allah, ampunilah aku, rahmatilah aku, kayakan aku, angkatlah derajatku, rezekikan aku, berilah aku hidayah, sehatkanlah aku dan maafkanlah aku.

Bacaan ketika tahiyat awal

Segala ucapan penghormatan,segala karunia, segala ucapan pengagungan dan pujian hanyalah milik Allah.

Semua perlindungan dan pemeliharaan untukmu, wahai Nabi, begitu pula rahmat Allah dan segenap karuniaNya.

Semua perlindungan dan pemeliharaan semoga diberikan kepada kami dan hamba-hamba Allah yang soleh.

Aku bersaksi bahwa tiada tuhan melainkan Allah dan aku bersaksi bahwa Muhammad itu adalah utusan Allah.

Ya Allah, selawatkanlah ke atas Nabi Muhammad.


Tambahan untuk tahiyat akhir


Ya Allah, selawatkanlah ke atas Nabi Muhammad dan keluarganya.

Sebagaimana Engkau selawatkan ke atas Nabi Ibrahim dan keluarganya.

Berkatilah ke atas Nabi Muhammad dan keluarganya.

Sebagaimana Engkau berkati ke atas Nabi Ibrahim dan keluarganya di dalam alam ini.

Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Agung.

Doa Qunut

Ya Allah, berilah aku petunjuk sebagaimana orang-orang yang telah Engkau tunjuki.

Sejahteralah aku sebagaimana orang-orang yang Engkau sejahterakan.

Pimpinlah aku sebagaimana orang-orang yang Engkau pimpin.

Berkatilah untukku apa-apa yang telah Engkau berikan padaku.

Jauhkanlah aku dari segala kejahatan yang telah Engkau tetapkan.

Sesungguhnya hanya Engkau sajalah yang menetapkan dan tidak sesiapa pun yang berkuasa menetapkan sesuatu selain daripada Engkau.

Sesungguhnya tidak terhina orang yang memperolehi pimpinanMu.

Dan tidak mulia orang-orang yang Engkau musuhi.

Telah memberi berkat Engkau, ya Tuhan kami dan maha tinggi Engkau.

Hanya untuk Engkau sajalah segala macam puji terhadap apa-apa yang telah Engkau tetapkan.

Dan aku minta ampun dan taubat pada Engkau.

Dan Allah rahmatilah Muhammad, Nabi yang ummi dan sejahtera ke atas keluarganya dan sahabat-sahabatnya.

Follow On Twitter