Cara Menghilangkan Komedo



Cara Menghilangkan Komedo [ www.BlogApaAja.com ]

Komedo merupakan sejenis jerawat, komedo adalah pori-pori yang tersumbat. Komedo ada 2 jenis yaitu yang pertama blackhead (komedo yang terbuka), terlihat seperti pori-pori yang membesar dan menghitam. Jenis yang kedua adalah whitehead (komedo yang tertutup) memiliki kulit yang tumbuh di atas pori-pori yang tersumbat sehingga terlihat seperti tonjolan putih kecil. Jerawat jenis komedo ini disebabkan oleh sel-sel kulit mati dan sekresi kelenjar minyak yang berlebihan pada kulit.

Biasanya, komedo muncul di sekitar dahi, hidung, dan dagu, juga di bawah mata dan pipi. Jangan menghilangkan komedo dengan cara memencetnya, karena malah akan merangsangnya menjadi jerawat bernanah yang akan memperparah kondisi wajah, bahkan bisa menyebabkan infeksi.

Komedo yang sering muncul di wajah memang sangat mengganggu. Bintik hitam atau bahkan putih ini bisa membuat orang menyangka kita jorok, karena tak rajin membersihkan wajah. Kotoran, debu, sel kulit mati hingga penumpukan minyak berlebih berkumpul menjadi satu dan menjadi komedo.

Terus bagaimana Cara Menghilangkan Komedo, simak beberapa tips berikut.

1. Hal pertama yang Anda lakukan adalah bersihkan komedo dengan menggunakan pembersih yang tepat. Karena itu kenali dulu jenis kulit wajah anda. Kulit wajah berminyak biasanya menjadi suplai utama banyaknya komedo.

2. Jangan salah memilih pelembab, pilih pelembab yang sesuai. Jangan sampai pelembab menjadikan kulit wajah menjadi kelebihan minyak.

3. Anda harus menghindari bedak padat. Bedak padat adalah utama komedo, karena sifatnya yang menempel di wajah. Alas bedak juga bisa menjadi penyebab timbulnya komedo, terlebih bila sisanya masih menempel di kulit.

4. Coba untuk melakukan facial. Lakukan secara teratur dan setelah masa menstruasi. Ini untuk menghindari terjadinya perubahan hormon dan kelenjar sebasia selama masa haid, yang memproduksi minyak lebih aktif. Lebih baik lagi bila facial ini dilakukan di bawah pengawasan dokter kulit.

5. Batasi konsumsi makanan berlemak. Seperti durian, kacang-kacangan, telur, mede, keju, alpukat, mangga, segala jenis susu, gorengan, santan dan daging berlemak.

Cobalah tips Cara Menghilangkan Komedo diatas. Lakukan dengan baik dan teratur.

Follow On Twitter